,

Bocoran Pertemuan Jokowi-Biden di KTT G20: Akan Ada Kejutan!

oleh -125 Dilihat
oleh

SS.com, JAKARTA– Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan menyiapkan kejutan dalam pertemuan bilateral bersama Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

Melansir dari laman CNBC Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tak menyebutkan secara rinci perjanjian apa yang akan diteken dalam pertemuan Jokowi dan Joe Biden. Namun, akan ada kejutan dari pertemuan tersebut.

“Saya sudah janjian tadi malam sama John Kerry [Utusan Khusus Presiden AS Bidang Iklim]. Nanti setelah pertemuan bilateral Presiden Jokowi dan Presiden Joe Biden akan diumumkan,” kata Luhut di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (11/11/2022).

Dalam perjanjian tersebut, kedua kepala negara akan meneken perjanjian kerjasama investasi senilai nyaris US$ 5 miliar. Namun, eks Kepala Staf Kepresidenan itu belum ingin bicara banyak mengenai besaran nilai investasi AS ke Indonesia.

Ini bukan soal angkanya, angkanya sih cukup bagus,” kata Luhut.

Luhut menekankan perjanjian kerja sama antara Indonesia dan AS nantinya akan menitikberatkan pada kepentingan Indonesia. Luhut menjamin AS tidak akan campur tangan lebih jauh kendati menanamkan modalnya di Indonesia.

Jadi persyaratan yang kita berikan, itu saya bilang, untuk climate change, itu dipenuhi karena mereka paham kenapa hal itu kita ajukan. Saya mengatakan apapun yang Anda usulkan, kami setuju tapi ada syaratnya,” katanya. (Cha/Raiza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *