, ,

HPN 2023: Maspril, Hadi dan Wiwik Terima PCNO dan Pin Emas

oleh -188 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Medan – Tiga wartawan dan wartawati dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) menerima penghargaan bergengsi Press Card Number One (PCNO) dari PWI Pusat.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Medan pada perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Kamis (9/2) di Gedung Serba Guna Pemprov Sumatera Utara (Sumut) yang dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Pada HPN kali, PCNO diberikan kepada 33 wartawan dari seluruh Indonesia, untuk PWI Sumsel penghargaan PCNO juga diberikan kepada Maspril Aries (Pemred katanda.id, penerbit buku) dan Hadi Prayogo dari Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post serta Dwitri Kartini (Pemred sumeks.co yang juga sekretaris PWI Sumsel).

Penghargaan PCNO yang diterima tiga anggota PWI Sumsel tersebut melengkapi penghargaan PCNO yang diterima wartawan dari Sumsel pada HPN sebelumnya.

Hingga HPN 2023, wartawan dari Sumsel penerima PCNO atau Kartu Pers Utama Nomor Satu adalah, HM Soleh Thamrin, Kurnati Abdullah, Ocktaf Riady, Firdaus Komar, Anwar Sy Rasuan, Maspril Aries, Hadi Prayogo dan Dwitri Kartini.

Sejarah PCNO

Press Card Number One (PCNO) atau Kartu Pers Utama Nomor Satu yang diberikan bersamaan dengan peringatan HPN setiap tahun pertama kali diberikan pada HPN 2010 di Palembang.

Saat itu PCNO diberikan kepada wartawan senior yang memenuhi kriteria, sebanyak 65  orang wartawan dari Jakarta dan 20 orang wartawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Penerima PCNO pada HPN 2010 di Palembang diantaranya Rosihan Anwar, Jakob Oetama, Herawaty Diah, Goenawan Mohamad, Dahlan Iskan, Ilham Bintang, Karni Ilyas, Parni Hadi, Sinansari ecip, Saur Hutabarat, Arswendo Atmowiloto, Remy Sylado, Tarman Azzam dan lain-lain. Dari daerah tercatat, Rahman Arge, Basril Djabar, Bambang Eka Wijaya, Ashadi Siregar dan dari Sumsel tercatat HM Soleh Thamrin.

Pemberian kartu pers PCNO merupakan bentuk penghargaan yang diberikan komunitas pers pada HPN kepada orang-orang pers yang telah menunjukkan kinerja profesional, berdedikasi, pengorbanan kepada dunia pers, kebebasan pers, dalam tahun-tahun pengabdiannya.

Pemberian ini menyimbolkan upaya masyarakat pers untuk memperlihatkan orang-orang yang patut menjadi teladan di bidang pers dengan prestasi itu, dan kelak menjadi inspirasi bagi pekerja pers khususnya kaum muda untuk meniru dan meneruskan jejak mereka.

Penerima PCNO harus memenuhi kriteria diantaranya, menghasilkan karya jurnalistik yang diakui di tingkat nasional terlebih lagi internasional. Menghasilkan karya jurnalistik secara konsisten minimal 25 tahun (tajuk, tulisan, berita, foto). Menjadi pelopor pengembangan genre jurnalistik di tanah air. Secara konsisten berkontribusi memajukan jurnalistik Indonesia melalui gagasan dalam tulisan, artikel, atau buku jurnalistik. Secara konsisten berkontribusi membela kemerdekaan pers dan secara konsisten berkontribusi memajukan SDM pers Indonesia melalui keterlibatan pribadi, lembaga atau dalam pelatihan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *