,

Herman Deru Ajak Umat Hindu Jaga Kondusifitas Sumsel

oleh -996 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Banyuasin – Antusias Warga Desa Mulayasari Kecamatan Tanjung Laga Banyuasin begitu luar biasa menyambut Gubernur Sumsel H Herman Deru pada acara Melasti Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 Tahun 2023 didesa Tanjung Lago Banyuasin, Minggu (19/3).

Ditengah umat hindu tersebut, Herman Deru menyebut dirinya tidak asing dengan warga hindu bali. Kedekatannya dengan warga bali sudah berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Diawali dimasa orang tuanya Pesirah Hamzah   yang menerima keberadaan warga Bali saat  menetap di Belitang pada masa transmigrasi.

Sehingga lanjut Herman Deru dengan kedekatan itu makin banyak pengetahuan yang didapat dan dicontoh yang diberikan oleh orang yang berasal dari pulau dewata dari etos kerjanya.

“Saya itu bangga karena sudah beberapa generasi yang tetap mempertahankan kebudayaannya tapi juga menghormati kebudayaan masyarakat dan suku lainnya,” ujar Herman Deru.

Herman Deru menyebutkan setiap acara masyarakat Bali, dirinya berusaha untuk selalu hadir apalagi hari ini acara Melasti Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka. 

“Kita tau hari raya nyepi merupakan wahana untuk berintropeksi diri. Apa saja yang sudah  lakukan pada sebelumnya baik Silaturahmi, usaha serta kinerja maka ditahun baru ini kita juga merencanakan kedepan tentu harus lebih baik dari sekarang,” ungkapnya. 

Bukan hanya itu saja, Herman Deru juga mengajak Umat Hindu untuk terus menjalin hubungan baik serta saling menghormati antar sesama maupun suku, adat dan agama lainnya.

“Nah ini yang paling penting. kita tetap menjaga Sumsel sebagai Provinsi yang kondusif. Apalagi Sumsel terdiri dari 9 suku besar dengan begitu banyak beragam suku, agama dan adat,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya,  Herman Deru mengucapkan selamat melaksanakan melasti, dengan begitu semoga kedepan lebih baik lagi. 

“Selamat melastinya mudah-mudahan dengan adanya ini kita bisa membersihkan sisa yang kurang baik untuk melangkah maju lebih baik lagi. Selamat menyongsong hari raya nyepi nanti,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumsel, I Gusti Bagus Surya Negara, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang menyempatkan hadir pada acara Melasti Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang merupakan Penyucian alam/diri karena menyambut hari raya nyepi. 

“Kami bangga sekali pak Gubenur begitu mendukung kegiatan hari ini, kita tau pak Gubernur begitu dekat dengan warga kami maka kami sangat berterima kasih atas dukungan, perhatian dan suportnya selama ini,” pungkasnya. (Reza/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *