,

Herman Deru: PNSB Punya Peran Dalam Mempertahankan Label Zero Konflik di Sumsel

oleh -535 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Palembang – Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan Sekretariat Paguyuban Nusantara Sumsel Bersatu (PNSB) di kawasan Jalan Diponegoro, Talang Semut Palembang, Minggu (9/4) petang.

Dimana, peresmian Sekretariat PNSB itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita yang dilakukan langsung oleh orang nomor satu di Bumi Sriwijaya tersebut.

Pada kesempatan itu, Gubernur Herman Deru mengatakan, sekretariat tersebut dapat menjadi pusat konsolidasi sejumlah paguyuban yang tergabung dalam PNSB dalam mengatasi berbagai persoalan dan menentukan arah kebijakan paguyuban.

“Ada 51 paguyuban yang tergabung dalam PNSB ini baik, paguyuban kesukuan, budaya, adat, dan agama. Dan tempat ini akan menjadi epicentrum paguyuban tersebut dalam mengkonsolidasikan semua persoalan baik yang berkaitan dengan adat, budaya, umat dan lainnya,” kata Herman Deru.

Dengan begitu, semua perbedaan akan dapat disatukan dan bahkan menjadi kekuatan baru dalam mempertahankan kerukunan antar masyarakat.

“Perbedaan budaya, suku, adat, agama dapat menjadi kekuatan jika disatukan. Apalagi, Sumsel sendiri memang dikenal heterogen dengan berbagai budaya, suku, serta adat istiadat yang ada di daerah ini. PNSB merupakan wadah bagi puluhan paguyuban yang tergabung untuk menyatukan perbedaan tersebut, sehingga memperkuat kerukunan antar masyarakat di Sumsel,” terangnya.

Kerukunan tersebut, dibuktikan dengan minimnya konflik antar masyarakat baik masyarakat asli maupun masyarakat daerah lain yang bermukim di Sumsel.

“Hingga saat ini Sumsel tetap menjadi daerah zero konflik dan ini diakui negara. Namun hal ini tidak semata-mata terjadi tanpa adanya upaya bersama untuk mempertahankannya. PNSB dan paguyuban di dalamnya punya peran dalam mempertahankan zero konflik ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PNSB H Syahrial Oesman mengatakan, sejak awal PNSB telah berkomitmen untuk membantu pemerintah dan membangun daerah ini.

“Termasuk untuk mempertahankan zero konflik ini. Kita yang ada di PNSB sangat berkomitmen untuk terus membantu pemerintah memajukan daerah ini,” katanya.

Hadir dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Sumsel Ahmad Firdaus dan Antoni Yuzar, Sekjen PNSB Raimar Yousnaidi, Bendahara Umum PNSB Darwis Hidayat, serta Ketua PNSB Kota Palembang Hadi Prayogo. (Raiza/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *