Hadiri HUT PWI ke 77, Herman Deru : PWI Tetap Survive Dengan Produk Jurnalistik Beretika dan Bertanggungjawab

oleh -127 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, LUBUK LINGGAU – Gubernur  Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengakui keberadaan  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  di Sumsel dari waktu ke waktu kian eksis dengan berbagai kegiatan yang digelar utamanya dalam meningkatkan skil dan integrotas wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Uji Kompetensi Wartawan terus dimasifkan oleh PWI. Agar setiap insan pers  mendapatkan ilmu jurnalistik yang benar selain itu mereka dibekali rambu-rambu kode etik jurnalistik. Saya minta  para Bupati/Walikota memfasilitasi  melalui Kominfo atau humas,” harap Gubernur Herman Deru pada pembukaan Seminar Nasional Peringatan Hari Ulang (HUT) ke 77 Persatuan Wartawan Indonesia/ Hari Pers Nasional dan Porseniwada  Tahun 2023 Sumsel yang dipusatkan di Hotel Grand Zuri, Kota  Lubuk Linggau, Sabtu (5/8) Pagi.

Herman Deru menilai  dewasa ini para insan pers dihadapkan dengan tantang zaman yang butuh kekuatan mental. Dengan kecanggihan teknologi  setiap orang dapat memperoleh informasi melalui berbagai sumber baik itu media elektronik, online, media cetak atau media sosial lainnya.

“Ini eranya semua akses informasi dapat dibuka dengan mudah, bahkan tidak ada filter lagi dari belahan dunia ini. Informasi secara real time dengan gampang  bisa kita akses.  PWI tetap survive dengan produk jernalistik yang dihasilkan anggotanya dengan tetap memegang etika jurnalistik dan  bertanggungjawab,” tambahnya.

Gubernur Herman Deru menyebut Pemprov Sumsel terus berupaya memberikan pemerataan akses informasi bagi masyarakat melalui pemerataan pembangunan signal guna memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

“Pemprov  Sumsel terus berupaya menambah pemerataan signal. Tujuannya tidak lain agar masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi,” tambahnya.

Terkait dengan HUT ke 77 PWI secara khusus Herman Deru titip pesan,  agar anggotanya tetap menjaga kualitas sekaligus independensinya, dan sesuai tagline yang bertemakan  “Pers Sehat, Demokrasi Berkualitas, Pembangunan Daerah Maju”.

“Iklim pers yang sehat penting untuk terus dijaga. Karena  akan  berdampak pada kualitas berita yang disebarluaskan, yaitu informasi berbasis data, aktual, faktual, dan bertanggung jawab,” tandasnya.

Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Persatuan Wartawan Indonesia/ Hari Pers Nasional dan Porseniwada Tahun 2023 dimeriahkan dengan Penyerahan Award PWI Sumsel dan  Penyerahan Sertifikat UKW oleh Gubernur Herman Deru.

Hadir pula dalam kesempatan ini Walikota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe, Sekjen PWI Dr. Suprapto, Irjen Pol (Purn) Drs. Denni Gapril, S.H., Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir. Fahrizal Darminto, MA., Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti, Ketua PWI Provinsi Sumsel Dr. H. Firdaus Komar, S.Pd., M. Si. (Reza/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *