Feby Deru Apresiasi Warga Sugiwaras  Kelurahan Talang Jambe Sukses Terapkan GSMP

oleh -227 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, PALEMBANG – Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia HD bersama Wakil Ketua TP PKK  Sumsel Hj Fauziah MY, Senin (14/8) pagi, berkesempatan melakukan panen Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) di lahan GSMP milik warga Kampung Sugiwaras Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarame Palembang.

Disela-sela kegiatan itu Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru  menegaskan, kedatangannya  tidak lain ingin ikut  melakukan panen dilahan  GSMP milik  warga Kampung Sugiwaras  sekaligus sebagai bentuk apresiasi pihaknya terhadap upaya yang telah dilakukan oleh warga setempat dalam menggalakan GSMP.

“Kami sengaja ikut panen bersama ibu-ibu untuk bertemu masyarakat disinj. Kami  apresiasi atas kerja kolektif ibu-ibu dalam melakukan kegiatan tanam-menanam kebutuhan rumah tangga,” kata Feby.

Menurutnya kegiatan GSMP  jika  dilakukan secara masif disetiap keluarga akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga.

“GSMP ini membuat kita menjadi produktif dan mempunyai manfaat bagi keluarga. dengan menanam bumbu dan sayuran sendiri maka kebutuhan dapur kita akan tercukupi,” tambahnya.

Selain melakukan panen dilahan GSMP, Feby Deru juga memberikan edukasi masyarakat terkait cegah stunting.

“Disini saya juga membawa pokja-pokja PKK yang berkaitan langsung dengan GSMP. Jika  kebutuhan pangan kita terpenuhi dengan aman maka gizi para  ibu hamil juga akan tercukupi sehingga kekurangan gizi dapat diatasi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Sumsel Agus Darwa  mengatakan kegiayan GSMP di Kelurahan Talang Jambe merupakan binaan Dharma Wanita Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel.

Agus mengatakan, kegiatan menanam bahan pangan di  Kelurahan Talang Jambe sudah terjalan sebelum Covid 19 dan kebetulan sejalan dengan program GSMP inisiasi Guberur Sumsel.

“Dikelurahan talang jambe ini telah kami bina sebelum covid dengan menanam  bumbu-bumbu dapur dan rempah-rempah. Alhamdulillah semua ibu-ibu disini aktif mereka menilai itu sangat perlu dan mempunyai banyak manfaat,” imbuhnya.

Adapun panen dilahan GSMP kali ini, Feby Deru dan Hj  Fauziah MY memanen   cabai dan aneka sayuran, termasuk juga diantaranya meninjau kolam ikan lele dan patin milik masyarakat Sugiwaras. (Reza/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *