Maknai HUT RI ke-78, Gubernur Herman Deru Ajak Warga Sumsel Tingkatkan Toleransi

oleh -391 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup)  peringatan ke-78 hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023. Peringatan detik-detik proklamasi tingkat Pemprov Sumsel ini dipusatkan di Griya Agung Palembang, Kamis (17/8) pagi.

Peringatan HUT Proklamasi itu dimulai dengan pengibaran sang saka merah putih oleh pasukan pengibar bendera  Provinsi Sumatera Selatan. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati.

Adapun yang bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Inf. Roni Sugiarto Alumni Akademi Militer Tahun 2003 Jabatan Sehari-hari Sebagai Dandim 0430/Banyuasin.

Sementara itu bertindak sebagai petugas pembawa bendera merah putih adalah Gesya Bilbina Adrein, kelahiran Baturaja 3 Maret putri pasangan Ferlan Juliansyah dan Meilinda perwakilan dari SMA Negeri 1 OKU.

Sedangkan bertindak sebagai petugas pengibaran bendera merah putih masing-masing yakni

1. M. Zacky (Penggerek), lahir di Baturaja tanggal 24 Juli 2007 putra pasangan Achmadi Saleh dan Marisa, perwakilam dari SMAN 4 OKU

2. Raka Satya Dwi Syarwani (tengah) lahir di Kayuagung tanggal 16 Januari 2006 putra Ihsanul Amri dan Siti Aminah perwakilan dari SMAN 3 unggulan Kayu Agung.

3. M. Sultan Maulana Attariq Bahra (pembentang) lahir Tanggal 31 Desember 2006 putra M. Isam dan Turyanti perwakilan SMAN 9 Musirawas

Sementara itu bertindak sebagai Komandan Paskibraka adalah Lettu POM Yusuf Bimo Eko Saputro S.Tr. Han merupakan alumni AAU /ahun 2018 jabatan sehari-haru sebagai Kasubsitahmil Satpom Lanud SMh. Sertan bertindak sebagai Komandan Pleton Pasukan 45, Letda Laut (PM) Filter Ade Yolanda alumni Diktukpa 52 Tahun 2022 jabatan seharu-hari sebagai Paur Idik Denpom Lanal Palembang.

Usai upacara peringatan hari Kemerdekaan RI ke-78 Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan sangat bersyukur melihat jiwa perjuangan yang masih tetap membara.

Dia menilai di usia Kemerdekaan menginjak ke-78 tahun generasi penerus perjuangan para pahlawan tetap berjuang dengan gigih meski di era berbeda.

Memperingati HUT RI ke-78 Ia juga meminta masyarakat tidak memaknainya hanya dengan kemeriahan dan upacara semata.

“Jadikanlah moment ini untuk memupuk semangat perjuangan itu untuk peradaban bangsa untuk kemajuan bangsa dan dan meningkatkan toleransi,” ucap Herman Deru.

Dengan semangat hari kemerdekaan hendaknya kata Gubernur Herman Deru dapat menjadi motivasi semua masyarakat Sumsel untuk lebih semangat lagi berkarya bagi bangsa.

Di ujung wawancara singkatnya Ia juga mengapresiasi pelaksanaan upacara yang telah dilakukan Petugas Paskibraka Provinsi Sumsel 2023.

“Dan satu lagi, untuk petugas sudah sangat baik sekali melaksanakan tugasnya nyaris tanpa cela,” jelasnya.

Di akhir upacara para tamu yang hadir dihibur dengan penampilan Drumband dari SD Nusa Indah. (Reza/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *