,

Pj Gubernur Sumsel dan Pj Walikota Palembang Tinjau Taman Kota dan Tempat Wisata

oleh -65 Dilihat
oleh
Red And White Breaking News Instagram Post 20231229 182433 0000

Serumpunsebalai.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni dan Pj Walikota Palembang Ratu Dewa bersama-sama meninjau sejumlah taman kota dan tempat wisata di Kota Palembang. Di antaranya Taman Wisata Punti Kayu, Taman TVRI, Taman Dharma Wanita dan Kambang Iwak.

Peninjauan tersebut merupakan salah satu bukti nyata dari komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sebagai upaya pengembangan tempat wisata dan taman kota yang berlokasi di Kota Palembang. Fatoni memastikan ke depannya akan dilakukan sejumlah revitalisasi sejumlah taman kota berupa penambahan, perbaikan dan pembangunan dari fasilitas umum serta penanaman pohon-pohon di sekitar.

“Revitalisasi akan dilakukan bersama Pemkot Palembang dan swasta. Anggarannya ada, nanti sharing antara Pemprov, Pemkot dan CSR swasta. Pembangunan fasilitas umum nantinya seperti toilet dan lainnya. Sedangkan untuk besarnya sharing anggaran masih akan dibahas lebih lanjut dan dihitung antara Pemprov dan Pemkot,” ujar Fatoni saat meninjau Taman Wisata Alam Punti Kayu, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (29/12/2023).

Revitalisasi ini juga guna menambah estetika, kebersihan, penambahan sarana berolahraga bagi masyarakat dan diyakini dapat mencegah atau mengurangi bencana banjir dikarenakan memiliki penyerapan air dari taman kota. Salah satu yang berpotensi untuk dikembangkan adalah Taman Wisata Punti Kayu.

“Ya ini bagus sekali Taman Wisata Punti Kayu ini. Terletak di tengah kota, dengan udara yang bersih dan sejuk, alami juga. Saya tadi bersama pak Pj Walikota sempat berkeliling sungai yang ada di dalam sini. Untuk itu, saya dalam hal ini Pemprov Sumsel akan mengoptimalkan pengembangan Taman Wisata Punti Kayu. Sinergi dan koordinasi dengan pemkot Palembang,” ucap Fatoni.

Bukan hanya sekedar tempat wisata, Fatoni mengatakan Taman Wisata Alam Punti Kayu dapat dimanfaatkan juga untuk berbagai kegiatan, salah satunya berolahraga. Terlebih suasana alam di lokasi ini masih sejuk dan memiliki koleksi satwa yang tidak sedikit.

“Jadi sekali lagi Pemprov Sumsel bersama semua pihak baik instansi pemerintah maupun swasta berkomitmen akan mengembangkan taman wisata punti kayu sebagai tempat wisata dan konservasi, karena sebagian yang ada di punti kayu ini bisa dikelola, sebagian lagi tidak, yaitu untuk dikonservasi,”  kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menjamin pihaknya dari Pemkot Palembang siap berkomitmen dengan Pemprov Sumsel untuk mengembangkan potensi dan kekayaan alam yang ada.

“Kita siapkan dari segi keamanan, kenyamanan dan kebersihan bagi para pengunjung,” ungkap Dewa. (Reza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *