Pj Gubernur Safrizal: TP PKK Berperan Penting Bagi Pemerintah

oleh -64 Dilihat
oleh
E8e48d52 3c97 4022 9d06 8c91594c455b

Serumpunsebalai.com, Pangkalpinang – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA hadir di Rapat Kerja (Raker) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Babel, Jumat (12/01/2024).

Beberapa hal menjadi atensi Safrizal, salah satunya mengentaskan kemiskinan ekstrem di Bumi Serumpun Sebalai, yang memang sangat membutuhkan bantuan dari TP PKK.

“Pertama soal kemiskinan ekstrem, cita-cita kita tahun ini angka kemiskinan ekstrem nol persen, seluruh Kepulauan Babel terdiri kabupaten/kota dan pemerintah pasti akan kesulitan kalau tidak dibantu PKK. Jadi, PKK ini memang memiliki peran penting dalam program pemerintah,” kata Safrizal.

Diungkapkan Safrizal, bahwa PKK merupakan organisasi yang dimotori oleh ibu-ibu yang memiliki keanggotaan sampai ke tingkat desa. Oleh karenanya harus dibantu PKK, bekerjasama pemerintah setempat untuk mencapai target menghapus kemiskinan ekstrem.

Di sisi lain, menurut Pj Gubernur, bahwa PKK juga sangat berperan dalam menekan angka stunting di Babel, lalu ketahanan ekonomi keluarga serta membantu mengendalikan inflasi lewat sosialisasi untuk mengajak masyarakat bertanam di pekarangan rumah.

“Jadi peran PKK ini sangat penting, tidak bisa nomor dua atau nomor tiga. PKK itu harus menjadi garda terdepan dan ikut bergerak,” imbuhnya.

Sementara Pj Ketua TP PKK Kepulauan Babel Safriati Safrizal menjelaskan, bahwa raker yang dilaksanakan di awal tahun ini guna membahas apa-apa yang menjadi target atau perencanaan di Tahun 2024, serta disampaikan ke pemerintah daerah sebagai mitra PKK.

“Ini adalah langkah awal kita sebagai penentu, nanti kita akan berjalan seperti apa, serta bagaimana nantinya kita akan membawa tim penggerak PKK ini untuk kedepannya,” jelasnya.

Beberapa hal disampaikan Safriati di raker PKK se-Babel ini diantaranya sinergitas dalam program pemerintah, disamping PKK sendiri sudah mempunyai program seperti penanganan stunting, dan ketahanan pangan ekonomi keluarga yang sangat berkaitan dengan inflasi.

“Nah ini mungkin akan menjadi konsen kita untuk bisa bersama-sama bergerak secara keseluruhan mengangkat Bangka Belitung untuk bergerak lebih aktif untuk masyarakat,” pungkasnya. (Reza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *