Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Beri Arahan dan Motivasi Kepala Sekolah Se-Sumsel

oleh -106 Dilihat
oleh
Img 20240203 Wa0082

Serumpunsebalai.com, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberikan arahan dan motivasi secara langsung kepada seluruh kepala sekolah (kepsek) se-Sumsel. Langkah tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel.

Fatoni mengatakan sengaja mengundang kepsek tingkat SMA, SMK dan SLB untuk bersilahturahmi serta mengevaluasi kinerja tahun lalu dan persiapan tahun yang akan datang. Menurutnya, setiap jabatan memiliki keuntungan juga resiko maupun tanggungjawab masing-masing.

“Itu semua perlu kita ikut bersama, itu semua perlu kita ambil bersama. Jadi tugas bapak ibu semua sudah tahu, sudah sering disampaikan juga sudah mendalami tugas-tugas yaitu sebagai kepala sekolah harus bertanggung jawab terhadap pelaksanaan seluruh proses di sekolah masing-masing, sebagai pemimpin pemimpin itu akan dimintai pertanggungjawabannya baik sekarang maupun nanti,” kata Fatoni dalam Rapat Peningkatan Kinerja Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (2/2/2024).

Kemudian, Fatoni mengajak seluruh kepsek se-Sumsel untuk menyatukan visi, misi guna memajukan dunia pendidikan di Provinsi Sumsel menjadi maju, moderen dan penuh inovasi baru.

“Maka fokus utama adalah bagaimana agar pendidikan kita itu maju dan modern, maka lakukan banyak inovasi. Bapak/ibu ada tanggung jawab dan fokus untuk meningkatkan mutu pendidikan kita serta memperbaiki pendidikan kita,” kata Fatoni.

Fatoni juga mengimbau untuk tetap menjaga kekompakan, solidaritas dan produktif. Terlebih yang tidak kalah penting pula, para kepsek harus memiliki kecakapan seperti loyalitas, totalitas, netral, militan dan profesional.

“Maka nanti kepala dinas dan kepala Litbang tolong ini nanti ada lomba-lomba inovasi dilingkungan kepala sekolah-sekolah, misalnya dilombakan satu ada dua inovasi setiap tahunnya di masing-masing sekolah,” ucap Fatoni.

Terakhir, Fatoni meminta seluruh kepsek se-Sumsel untuk terus menciptakan iklim kondusif. Dia menginginkan semuanya bertanggung jawab atas amanah yang sudah diberikan.

“Mari kita ciptakan iklim yang kondusif di lingkungan kita, di lingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Bapak Ibu sudah diberikan amanah dan kepercayaan cukup sebagai kepala sekolah,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Provinsi Sumsel Teddy Meilwansyah juga mengajak seluruh kepsek harus memastikan proses belajar dan mengajar berlangsung dengan baik, sukses dan lancar. Tak lupa, mereka juga perlu mengoptimalkan seluruh potensi yang ada.

“Semua ini demi kemajuan pendidikan dan kualitas lulusan sekolah di Provinsi Sumsel, kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan sinergi, koordinasi dan sinkronisasi pendidikan yang berkualitas serta berdaya saing,” kata Teddy.

Tercatat saat ini, untuk jenjang SMA yang ada di Sumsel berjumlah 624 sekolah terdiri dari 330 SMA Negeri dan 294 SMA Swasta. Selanjutnya untuk jenjang SMK di Sumsel berjumlah 325 sekolah terdiri dari 121 SMK Negeri dan 204 SMK Swasta. Kemudian, SLB sebanyak 39 satuan pendidikan yang terdiri dari 16 SLB Negeri dan 23 SLB Swasta. Sementara untuk total guru di Sumsel sebanyak 18.343 orang dan jumlah siswa yang dibina dan dididik di seluruh Sumsel ada 349.304 orang. (Reza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *