, ,

9 Tips Move On dari Patah Hati, Bikin Perasaan Jadi Tenang

oleh -82 Dilihat
oleh
Img 20240206 Wa0051

Serumpunsebalai.com, Jakarta – Memang benar, tidak pernah menjadi hal yang mudah untuk menghadapi patah hati. Meski begitu, hal ini sebaiknya tidak terjadi dalam waktu yang lama.

Cobalah mulai menerapkan tips move on sehingga kamu bisa kembali bangkit dari rasa sedih dan terpuruk, sehingga hati pun menjadi lebih tenang.

Bukan tanpa alasan, terus larut dalam kesedihan bisa membuat kamu mengalami stres berat, bahkan berujung pada depresi.

Jadi, jangan sampai patah hati menjadi beban terbesar pikiranmu. Ada banyak tips move on yang bisa kamu coba lakukan saat merasa patah hati.

Tips Move On dari Patah Hati

Langsung saja, berikut ini cara move on untuk kamu yang sedang mengalami patah hati:

1. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Ketika kamu mengalami patah hati, perasaan bersalah kerap kali muncul. Namun, menyalahkan diri sendiri karena suatu hal yang sudah lama lewat akan membuat kamu merasa lebih terpuruk.

Inilah sebabnya, berhenti menyalahkan dirimu dan buatlah diri sendiri mendapatkan perlakuan yang baik.

Tahukah kamu kalau memaafkan diri sendiri dan mulai lagi menyayanginya menjadi cara move on yang paling efektif?

Jadi, alih-alih terus menyalahkan dirimu, cobalah untuk menerima bahwa semua hal tidak selalu bisa berada dalam kendali dan keinginanmu.

2. Selalu percaya bahwa masa depan akan lebih baik

Ketika kamu merasa sedih, seringnya pikiran akan penuh oleh prasangka negatif. Sayangnya, hal ini justru akan membuatmu merasa jauh lebih terluka.

Alhasil, cobalah isi pikiran dengan hal yang positif. Selalu percaya bahwa dirimu mempunyai banyak kelebihan yang bisa membuat masa depan menjadi lebih baik lagi.

Tidak hanya membuat kamu merasa jauh lebih tenang, berpikir positif juga punya segudang manfaat lain untuk kesehatan mental.

3. Lakukan kegiatan yang bermanfaat

Daripada menghabiskan waktu untuk terus menyesali semua hal yang sudah berlalu, lebih baik kamu mulai menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Lakukan apa yang menjadi hobimu untuk bangkit kembali dan melupakan rasa sedih yang mungkin saja masih terus menggelayut.

Cobalah memasak makanan favorit atau membuat kue, pergi memancing atau berolahraga, menghabiskan waktu bersama teman dekat, membeli benda yang kamu inginkan, atau sekadar membaca buku.

Berbagai hal tersebut bisa menjadi cara yang efektif untuk menyalurkan emosi melalui cara yang tepat.

4. Jangan lupa buat diri sendiri bahagia

Tips move on selanjutnya adalah tidak lupa bahwa diri kamu sendiri juga perlu bahagia.

Pasti terasa sangat lelah buat kamu yang selalu berusaha untuk membahagiakan orang lain tanpa tahu bahwa diri sendiri juga memerlukan hal tersebut.

Jadi, tetap sediakan waktu untuk me time dan melakukan banyak hal yang bisa membuat dirimu merasa bahagia.

Tidak hanya itu, membuat diri sendiri merasa bahagia juga bisa memberikan sudut pandang baru tentang hidup.

Bukan tidak mungkin kamu bisa menjadikan hal ini salah satu motivasi untuk selalu optimis dalam menghadapi hari.

5. Bercerita pada teman atau keluarga

Hal paling mudah lain yang bisa membantu membuat kamu segera move on adalah bercerita pada teman atau keluarga.

Tanpa kamu sadari, berbagi dengan orang lain bisa membuat kamu merasa sedikit lega, seperti melepas beban berat sedikit demi sedikit.

Selain itu, kamu juga bisa meminta saran apa yang sebaiknya kamu lakukan.

Jangan lupa, menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga saat kamu sedang patah hati juga bisa menjadi cara terbaik buat kamu mendapat dukungan moral. Kamu pun tidak akan merasa sendirian dan kesepian.

6. Jalin relasi yang baru

Tips move on lain yang dapat kamu coba adalah menjalin relasi baru. Ketika sedang sedih, kamu mungkin akan merasa enggan keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang.

Namun, keluar rumah untuk sekadar mencari udara segar dan suasana baru bisa membantu. Selain itu, pergi keluar rumah juga menjadi waktu terbaik untuk menjalin relasi baru.

Misalnya, kamu pergi berbelanja ke mal, ikut kegiatan secara sukarela, atau pergi berolahraga pada sentra kebugaran.

Melalui aktivitas ini, kamu bisa bertemu banyak orang dan menjalin relasi serta pengalaman baru bersama mereka.

7. Biarkan diri bersedih

Wajar adanya jika kamu merasa sedih dan kecewa, terlebih setelah mengalami patah hati.

Bahkan, tidak ada yang salah dengan menangis saat merasa patah hati untuk membuat perasaan menjadi lega. Selain itu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat menangis dengan membaca artikel Jangan Ditahan, Menangis Ternyata Ada Manfaatnya.

Percaya atau tidak, kamu akan menjadi lebih siap untuk melanjutkan hidup atau move on.

Meski begitu, jangan sampai sedih berkepanjangan, ya. Kamu harus pandai mengelola hati dan perasaan sehingga tidak sedih terus-menerus.

8. Jangan takut untuk kembali jatuh cinta

Kamu mungkin sering mendengar kalau tips move on paling ampuh adalah jatuh cinta lagi. Artinya, kamu harus bisa membuka diri untuk menerima kehadiran orang lain dalam hidup.

Namun, tidak perlu terburu-buru, nikmati saja prosesnya sambil kamu mengobati hati. Pastikan saja kamu sudah siap untuk menjalin hubungan lagi.

9. Hindari mengontak mantan

Terakhir, jangan pernah kamu mengontak mantan untuk alasan apapun. Sebab, kamu justru akan lebih sulit untuk move on jika terus berhubungan dengan mantan kekasih.

Meski terasa rindu, sebaiknya kamu menahan untuk mengontaknya. Tak hanya itu, hindari pula mengirimi pesan yang berisi bagaimana rasa sakit yang kamu alami, terlebih meminta mantan kekasih untuk kembali.

Itu tadi beberapa tips move on yang bisa kamu coba saat sedang patah hati. Konsisten dan menguatkan hati menjadi kunci untuk bisa melalui rasa sakit yang kamu alami. Hal yang terpenting, kamu tidak perlu terus menyalahkan dan mengasihani diri sendiri. (Reza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *