Xavi Hernandez Cabut, Barcelona Lirik Sosok Mengejutkan Jadi Suksesor

oleh -51 Dilihat
oleh
Img 20240205 Wa0072

Serumpunsebalai.com, Jakarta – Barcelona mulai menunjukkan sinyal pergerakan guna mencari manajer baru jelang akhir musim. Tim raksasa Catalan kabarnya sudah melirik kandidat tak terduga untuk dijadikan suksesor Xavi Hernandez di Spanyol.

Seperti diketahui, juru taktik Blaugrana memang belum lama ini mengutarakan niatan mundur dari kursi panas tim raksasa Catalan. Pilihan tersebut diambil menyusul kekalahan 3-5 yang diderita Barcelona dari Villarreal di kandang sendiri Minggu (28/1/2024) lalu

Padahal Xavi sejatinya baru ditunjuk menjadi juru taktik Barca pada November 2021. Dia sempat mengantar Barcelona tampil apik di La Liga hingga keluar sebagai kampiun musim 2022/2023 dengan selisih 10 poin dari rival sengitnya Real Madrid.

Sayang, performa Blaugrana mulai menurun memasuki kampanye 2023/2024. Barcelona sudah kehilangan peluang menyabet dua trofi usai kalah dalam final Piala Super Spanyol dan tersingkir dari Copa del Rey.

Skuad racikan Xavi Hernandez juga masih berupaya menembus puncak klasemen Liga Spanyol. Mereka saat ini tengah menempati peringkat tiga tabel serta terpaut delapan poin dari Real Madrid yang jadi penguasa sementara.

Rentetan hasil kurang memuaskan tersebut tak ayal membuat Xavi memilih meletakkan jabatannya di Barcelona. Mantan gelandang legendaris klub pun terang-terangan mengakui bahwa pekerjaannya saat ini merupakan sesuatu yang keras dan tidak menyenangkan.

“Menjadi pelatih Barca rasanya tidak menyenangkan, (pekerjaan) itu kejam. Anda akan merasa bahwa mereka sering kali kurang menghormati Anda, bahwa pekerjaan Anda tidak dihargai, dan (situasi) itu amat menguras kesehatan mental serta mood,” ucap dia, dilansir dari SportBible.

Jurgen Klopp Dilirik untuk Gantikan Xavi

Buntut dari keputusan Xavi Hernandez, Presiden Barcelona Joan Laporta bersama dewan direksinya kini mulai bekerja keras menemukan sosok baru guna menggantikan posisi pelatih terdahulu.

Nama mengejutkan pun muncul ke permukaan, dengan Blaugrana digadang-gadang tengah melirik bos Liverpool Jurgen Klopp sebagai calon suksesor.

Seperti diketahui, posisi juru taktik Jerman saat ini memang tak jauh berbeda dengan Xavi. Dia bahkan sudah lebih dulu mengumumkan keinginan untuk mengakhiri masa bakti 9 tahun di Liverpool pada akhir musim.

Laporan TV3 via Actualite Barca mengeklaim Laporta sudah menyatakan kepada orang-orang kepercayaan di klub bahwa mereka harus mencoba meyakinkan Jurgen Klopp agar sudi pindah ke tim raksasa Catalan.

Barca Bakal Sulit Yakinkan Jurgen Klopp

Sayangnya, Barcelona kemungkinan bakal butuh upaya besar demi merayu Klopp ke La Liga. Tawaran tersebut jelas akan menjadi tantangan besar buat sang pelatih, mengingat dia belum pernah mengecap persaingan di panggung Spanyol.

Lebih lanjut, SportBible mengeklaim Jurgen Klopp juga punya faktor penat dan kelelahan di balik alasannya mundur dari Liverpool. Pria berusia 56 tahun tersebut pun bakal mengambil cuti panjang untuk sementara guna menikmati waktu istirahat yang layak.

Sebagai alternatif, Barcelona masih bisa mendekati nama-nama lain guna didapuk sebagai suksesor Xavi di Spanyol. Beberapa kandidat yang konon dipertimbangkan Blaugrana meliputi Hansi Flick, Michel (Girona), Imanol Alguacil (Real Sociedad), Thiago Motta (Bologna), dan Rafael Marquez (Barca B). (Reza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *