Pj Gubernur Sumsel: Tetap Jaga Iklim Kondusif, Pertahankan Zero Konflik dan Daerah yang Toleran

oleh -63 Dilihat
oleh
Img 20240213 Wa0035

Serumpunsebalai.com, Palembang –  Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meminta masyarakat untuk tetap menjaga iklim kondusif yang ada di Sumsel. Ini dikarenakan Provinsi Sumsel telah menyandang predikat zero konflik dan daerah yang toleran.

“Jadi ini tugas kita bersama, Pemilu ini bukan hanya KPU dan Bawaslu tapi kita semua ikut berpartisipasi menyukseskan pemilu. Jadi di Sumsel ini yang menjadi kebanggaan adalah seluruh unsur sangat kompak, Forkopimda, Bupati/Walikota semuanya kompak,” ucap Fatoni saat memimpin Rapat Persiapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Sumsel di Kantor Gubernur Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (13/2/2024).

Fatoni berharap penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan diselenggarakan pada 14 Februari besok dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya. Selain itu, dia juga berharap agar Provinsi Sumsel menjadi penyelenggaran wilayah Pemilu terbaik di Indonesia.

“Kita ingin pemilu yang lebih baik dari sebelumnya dan kita harap Sumsel ini pemilu yang terbaik,” kata Fatoni.

Fatoni mengatakan seluruh jajaran Forkopimda Sumsel telah siap untuk pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, berbagai antisipasi juga telah disiapkan termasuk pemantauan di sejumlah TPS untuk menghindari kecurangan juga cuaca buruk yang tidak menentu.

“Pemerintah daerah, TNI/Polri, Kejaksaan dan seluruh elemen siap mendukung itu. Siap mendukung KPU dan Bawaslu untuk penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati berterima kasih atas dukungan seluruh pihak dalam menyukseskan Pemilu 2024. Dia percaya bahwa TNI/Polri, kejaksaan dan stakeholder terkait sudah siap dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024, termasuk antisipasi sejumlah tenaga kesehatan (nakes) tersebar di seluruh TPS.

“Kita tau penghitungan lima surat suara itu tidak gampang. Kita harap Pak Gubernur bisa menyediakan pos-pos kesehatan di setiap Kabupaten/Kota,” ucap Anita.

Selain itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil menyampaikan bahwa Pemilu ini berjalan lima tahun sekali dan ini harus berjalan baik dan lancar. Yanuar juga sudah menginstruksikan para Dandim yang bertugas di lokasi rawan banjir untuk diantisipasi.

“Saya sudah turun langsung bahkan saya sudah bicara dengan Dandim agar wilayah yang rawan banjir agar dapat di antisipasi,” ungkapnya.

Kemudian, Ketua KPU Sumsel Andika Pranata Jaya mengatakan saat ini seluruh pihak terkonsentrasi secara merata pada 25.985 TPS di Sumsel. Besok TPS akan dibuka pada pukul 07.00 WIB kemudian ditutup tepat pukul 13.00 WIB secara serentak dan dilanjutkan dengan proses penghitungan surat suara. Selain itu, terkait distribusi surat suara semua kotak sudah tiba di kecamatan dan kelurahan di Sumsel dengan masing-masing terdiri dari 5 surat suara.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumsel Kurniawan menyampaikan terkait dengan persiapan pengawasan sudah tersebar secara merata di 25.985 TPS di Sumsel. Berbagai langkah seperti apel kesiapsiagaan personel, program patroli pengawasan di kecamatan, kelurahan hingga desa dan terdapat posko pengaduan dibuka selama 24 jam. (Retok)

Sumber: Humas Pemprov Sumsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *