,

Waktu Sholat Dhuha Terbaik, Jangan Amalkan di Jam Terlarang

oleh -46 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com – Waktu sholat dhuha yang terbaik perlu diperhatikan. Utamanya, sholat dhuha adalah salah satu amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW, terutama mengandung keutamaan sebagai pembuka rezeki di dalamnya.

Keutamaan sholat dhuha sebagai pembuka pintu rezeki tersebut dijelaskan dalam salah satu riwayat hadits. Rasulullah SAW bersabda,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya: Allah Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR Ahmad)

Dalam hadits lain bahkan dijelaskan mengerjakan sholat dhuha dapat mencukupi kewajiban sedekah bagi setiap muslim. Dari Abu Dzar RA yang mengutip sabda Rasulullah SAW,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

Artinya: “Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah.

Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua raka’at.” (HR Muslim).

Sesuai namanya, sholat dhuha dikerjakan pada waktu dhuha. Kapan waktu dhuha tersebut?

Surah Ad Dhuha dan Artinya yang Bisa Diamalkan dalam Salat

Waktu Sholat Dhuha Jam Berapa?

Waktu sholat dhuha dimulai ketika matahari naik setinggi tombak. Menurut Imam Ghazali dalam Kitab Ihya’ Ulumudin, waktu tersebut bertepatan sekitar pukul 7 pagi.

Sementara itu, waktu berakhirnya hingga matahari tergelincir atau memasuki waktu Dzuhur. Menurut Syaikh Ibnu ‘Utsaimin dalam Syarh Al Arba’in An Nawawiyah, batas waktu sholat dhuha sekitar 5-10 menit sebelum waktu zawal (matahari tergelincir ke barat) atau menjelang tengah hari sekitar jam 12.30 WIB.

Dengan kata lain, batas waktu sholat dhuha adalah sebelum masuknya waktu sholat Dzuhur.

“Sedangkan batas waktu sholat dhuha adalah sebelum sholat Dzuhur. Mengenai hal ini ada beberapa riwayat yang perlu diketahui. Misalnya dari Zaid bin Arqam yang menceritakan di melihat orang-orang sholat dhuha pada waktu yang belum begitu siang,” demikian penjelasannya yang diterjemahkan Imron Mustofa dalam buku buku Sholat Dhuha Dulu.

Adapun waktu terbaik sholat dhuha sesuai sunnah adalah pengerjaannya di akhir waktu ketika matahari meninggi dan panasnya terasa menyengat. Tepatnya pada saat matahari akan tergelincir ke barat sebagaimana termaktub dalam hadits berikut,

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ » أخرجه مسلم

Artinya: “Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia melihat orang-orang mengerjakan shalat dhuha (pada waktu yang belum begitu siang), maka ia berkata: “Mereka mungkin tidak mengetahui sholat dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda: “Shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah (al-Awwabin) adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari.” (HR Muslim).

Meski demikian perlu diingat, ada waktu-waktu terlarang untuk sholat. Menurut Dr. Abdul Qadir Muhammad Manshur dalam buku Panduan Shalat an-Nisaa Menurut Empat Mazhab, waktu setelah Subuh hingga matahari terbit adalah waktu terlarang untuk sholat.

Selain itu, waktu yang dilarang untuk sholat lainnya saat matahari berada di tengah langit cakrawala hingga bergeser ke barat. Waktu inilah yang disebut dengan waktu istiwa’ yakni matahari tepat berada di atas kepala.

Waktu ini terjadi sebelum matahari bergeser ke arah barat. Ketika matahari sudah sedikit bergeser artinya sudah memasuki waktu Dzuhur dan diperbolehkan untuk sholat.

Surat Apa yang Dibaca setelah Sholat Dhuha? Ini Penjelasannya

Keterangan tersebut didasarkan pada hadits yang diriwayatkan dari Abi Said Al-Khudri RA,

لاَ صَلاَةَ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ العَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ

Artinya: “Tidak ada sholat setelah sholat Subuh hingga matahari terbit. Dan tidak ada sholat sesudah sholat Ashar hingga matahari terbenam.” (HR Bukhari dan Muslim) (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *