, ,

Kasus Dugaan Korupsi Akuisisi Saham, Direktur PTBA Jadi Saksi, PH: Akuisisi PT SBS Tindakan yang Tepat

oleh -48 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Palembang – Sidang kasus dugaan korupsi dalam proses akuisisi saham PT Satria Bahana Sarana (SBS) oleh PT Bukit Asam Persero Tbk (PTBA) melalui anak perusahaan PT Bukti Multi Investama (BMI) kembali digelar dengan agenda saksi.

Diketahui dalam kasus ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel, menetapkan lima terdakwa yakni, Nurtina Tobing, Milawarma, Anung Dri Prasetya, Saiful Islam dan Raden Tjhayono Imawan.

Dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Hakim Pitriadi SH MH, JPU menghadirkan Direktur Utama PT Bukit Asam Arsal Sani, di PN Tipikor Palembang, Senin (19/2/2024)

Dalam sidang saksi Arsal dicecar pertanyaan terkait operasional SBS setelah dilakukan akuisisi oleh JPU dan Hakim.

“Setahu saya saat diakuisisi PT SBS ekuitasnya negatif. Sedangkan saat ini, ekuitas PT SBS sudah berada pada posisi positif. Ini menunjukan bukti PT SBS memberikan kontribusi yang besar untuk PTBA,” ungkap Arsal Sani di ruang persidangan, Senin (19/2/2024).

Sementara itu usai sidang, Kuasa hukum empat terdakwa, Gunadi Wibakso didampingi Redho Junaidi SH MH, mengatakan dari akuisisi yang dilakukan PTBA sudah mendatangkan manfaat yakni penghematan biaya operasional.

Menurutnya, dua manfaat PTBA, dapat penghematan miliaran rupiah dari waktu ke waktu, sehingga kalau dikatakan korporasi di dalam dakwaan kami bertanya keuangan mana yang dirugikan

“Dari keterangan saksi yang hadir tadi sudah sangat jelas jika tindakan yang dilakukan direksi dengan mengakuisisi PT SBS adalah tindakan yang tepat,” tegas Gunadi.

Ia menyatakan, dengan mengakuisisi PT SBS telah mendatangkan beberapa manfaat baik dari sisi finance maupun non-finance.

“Dari sisi aset baik PTBA dan PT SBS mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan kontribusi kepada negara, PT SBS sendiri sudah menyumbang pajak sebesar Rp 4 miliar. Kebutuhan batubara domestik juga terjaga hingga saat ini,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini PT SBS tengah bersiap menjadi perusahaan yang terbuka dengan terjun ke dunia IPO (Initial Public Offering).

“Sudah terkonfirmasi oleh pak Dirut bahwa PT SBS kini sedang melakukan persiapan untuk menjadi perusahaan yang IPO. Ini suatu, prestasi yang luar biasa, karena untuk menjadi IPO persyaratannya sangat ketat dan bisnisnya menjadi bisnis,” tutupnya (Retok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *