, ,

3 Resep Menu Buka Puasa yang Segar dan Sehat, Dapat Menghilangkan Dahaga

oleh -48 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com – Salah satu momen yang identik dengan Ramadhan adalah buka puasa. Momen tersebut tentunya hanya dilakukan setahun sekali. Tidak sedikit masyarakat yang berinovasi untuk menyiapkan sajian buka puasa. Resep menu buka puasa tentunya selalu dicari ketika memasuki bulan suci Ramadhan.

Buka puasa dengan minuman yang segar dan sehat tentu dijadikan pilihan. Resep menu buka puasa minuman yang segar dan sehat kerap dicoba oleh ibu rumah tangga. Setelah seharian berpuasa dan menahan lapar serta dahaga, minuman yang segar namun sehat memiliki manfaat untuk mengembalikan stamina tubuh.

Selain makanan, selama berpuasa kita juga penting untuk memerhatikan minuman yang kita konsumsi. Hal tersebut guna menjaga stamina kita agar tetap fit menjalani ibadah puasa selama satu bulan. Oleh sebab itu, resep menu buka puasa ini bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang suka minuman segar ketika buka puasa. Berikut serumpunsebalai.com merangkum dari berbagai sumber tentang 3 resep menu buka puasa yang segar dan sehat, Selasa, (12/03/2024).

1. Resep Menu Buka Puasa: Es Lidah Buaya

Es lidah buaya merupakan salah satu resep menu buka puasa yang bisa dicoba untuk menghilangkan dahaga. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tentunya sudah diketahui oleh sebagian besar orang. Jika dikonsumsi langsung, lidah buaya bisa berfungsi sebagai detoks yang menyingkirkan racun-racun dalam tubuh kita dan baik untuk memperbaiki penyakit-penyakit terkait pencernaan.

Bahan:

1. pelepah lidah buaya berat 1 kg

2. 1 liter air

3. 1 sdm air kapur sirih

4. 1/4 sdt garam

5. 350 gram gula pasir

6. 750 ml air

7. 1/4 sdt vanili bubuk

8. 2 lembar daun pandan, sobek-sobek

Cara Membuat:

1 Agar lidah buaya enak dimakan, rendam terlebih dahulu daun lidah buaya dalam 1 liter air yang telah dicampur air sirih dan garam

2. Kupas pelepah lidah buaya, selanjutnya potong-potong kecil-kecil menyerupai dadu atau sesuai selera anda

3. Didihkan air dan rebus daging lidah buaya yang telah dipotong sebelumnya selama 10 menit.

4. Buat cairan sirupnya, yakni masak air bersama gula pasir, vanili bubuk dan daun pandan, setelah mendidih masukkan daging lidah buaya, masak sebentar, angkat dan hilangkan uap panasnya, simpan dalam lemari pendingin.

5. Untuk menyajikannya, Siapkan gelas, beri es batu tuangkan syrup dan isiannya, sajikan segera.

2. Resep menu buka puasa: Es Sop Buah

Resep menu buka puasa selanjutnya yang bisa dicoba adalah es sop buah. Buah tentunya memiliki manfaat untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Sop buah menjadi salah satu kuliner primadona, maka tak heran jika banyak pedagang sop buah yang bisa kita temukan. Bahan-bahan yang digunakan pada umumnya adalah aneka jenis buah-buahan potong. Namun, bisa juga ditambahkan bahan pelengkap lainnya seperti rumput laut atau nata de coco.

Bahan:

1. 200 gram blewah, dikeruk lebar

2. 200 gram melon, dikeruk lebar

3. 8 buah stroberi, dipotong 4 bagian

4. 8 buah anggur dipotong 2 bagian dan dibuang bijinya

5. 100 gram sirsak dibuang bijinya

6. 1 buah buah naga, dipotong kotak

7. 1 buah alpukat, dikeruk

Bahan Sirup:

1. 250 gram gula pasir

2. 300 ml air

3. 1/8 sendok teh pasta vanili

4. 4 tetes pewarna merah cabai

Cara Membuat Sop Buah:

1. Sirup, rebus gula pasir, pasta vanili, dan pewarna merah cabai sampai gula larut diatas api kecil, kemudian dinginkan.

2. Sajikan buah disiram dengan sirup dan pelengkapnya.

3. Resep Menu Buka Puasa: Es Kopyor

Es kopyor merupakan resep menu buka puasa selanjutnya yang bisa dijadikan pilihan untuk menemani waktu berbuka puasa kamu. Kelapa yang dijadikan bahan utama tentunya membuat minuman ini sehat dikonsumsi setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Selain dapat menghilangkan dahaga, kelapa juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Bahan:

1. Santan kental 1 liter

2. Agar – agar putih 2 bungkus

3. Garam halus ½ sdt

4. Gula pasir 100 gram

5. Es batu

6. Sirup rasa coco pandan secukupnya

7. Susu kental manis secukupnya.

Cara Membuat:

1. Masak santan, agar – agar dan garam, tambahkan gula. Setelah mendidih, angkat. Aduk perlahan jangan sampai santan pecah.

2. Tuang adonan panas sesendok demi sesendok ke atas es batu.

3. Adonan sesekali diaduk agar tidak menggumpal. Sampai bentuknya pipih agar mirip kopyor asli. Lakukan sampai adonan habis.

4. Sendokkan kopyor buatan kedalam gelas saji. Beri pecahan es batu, dan siram dengan sirup coco pandan dan susu kental manis putih.

5. Siap untuk disajikan. (Retok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *