, ,

Antisipasi Tiket Mahal, Sandiaga Sarankan Warga Mudik Lebih Awal dan WFH

oleh -47 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyarankan masyarakat agar mudik lebih awal untuk menghindari kenaikan harga tiket transportasi umum saat momen Idul Fitri 2024. Sandiaga menyebut harga tiket transportasi biasanya akan melonjak saat mendekati hari Lebaran.

“Kami meminta untuk yang mau mudik segeralah pesan tiket sejak awal. Jangan tunggu akhir-akhir karena akan makin meningkat harganya. Pastikan juga semua perencanaan dilakukan di minggu pertama Ramadan,” kata Sandiaga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Sandiaga telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kenaikan harga tiket pesawat dan transportasi lainnya menjelang mudik Lebaran. Menurut dia, pemerintah akan menyiapkan langkah terkait hal tersebut.

“Tadi kita laporkan juga ini ke Pak Presiden, jelang mudik tiket pesawat mahal, tiket transportasi secara menyeluruh meningkat, ini nanti ada langkah selanjutnya,” ujar Sandiaga Uno.

Terkait saran agar mudik lebih awal, Sandiaga mengimbau masyarakat melakukan work from home (WFH) atau bekerja dari jarak jauh seperti di kampung halaman. Dengan mudik lebih awal, kata dia, masyarakat dapat membeli tiket dengan harga yang terjangkau.

“Mungkin kita tawarkan bukan cuti bersama dimajukan, cuma kita imbau lebih kepada pendekatan dari work from destination atau work from home di mana mereka merencanakan berangkat lebih awal. Sehingga masih bisa mendapatkan tiket yang terjangkau harganya,” jelas Sandiaga.

Di sisi lain, Sandiaga menuturkan bahwa pemerintah akan mendorong agar maskapai penerbangan dapat menambah jumlah pesawat beroperasi saat momen libur Lebaran.

Sandiaga menyampaikan ketersediaan kursi akan membuat harga tiket pesawat menjadi lebih terjangkau untuk masyarakat.

“Kami tugasnya adalah memastikan agar jumlah pesawat bisa lebih banyak dioperasikan di Indonesia. Kita masih ada kekurangan antara 300-350 pesawat, maka kita harus segera datangkan,” tutur dia.

“Dengan penambahan jumlah penerbangan akan meningkatkan ketersediaan kursi dan harga tiket akan makin bisa lebih terjangkau,” sambung Sandiaga. (Retok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *