, ,

Dewan Kehormatan (DK) Hukum 4 Pengurus PWI Pusat 

oleh -27 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Jakarta – penilaian dan keputusan DK atas pengelolaan dana bantuan CSR Kementerian BUMN untuk penyelenggaraan UKW PWI berisi sebagai berikut:

1. Telah terjadi pelanggaran terhadap KPW PWI Pasal 3 karena melakukan hal-hal tercela sebagai berikut : 1) Merendahkan harkat, martabat, dan integritas profesi wartawan dan organisasi. 2) Melanggar dan merendahkan Kode Perilaku Wartawan (KPW), Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Peraturan Dasar (PD), Peraturan Rumah Tangga (PRT), peraturan organisasi, hukum, moral, kesusilaan dan kepantasan.

Selain itu, terjadi pelanggaran terhadap PRT PWI Pasal 12 karena tidak dilibatkannya Bendahara Umum dalam penandatanganan cek pencairan dana cashback dan komisi/fee/insentif senilai total Rp1.771.200.000 (satu miliar tujuh ratus tujuh puluh satu juta dua ratus ribu rupiah) dari rekening PWI Pusat.

2. Menjatuhkan sanksi PERINGATAN KERAS kepada empat anggota PWI, yakni : Sdr Hendry Ch Bangun, Sdr Sayid Iskandarsyah, Sdr Mohamad Ihsan, dan Sdr Syarif Hidayatullah.

3. Pengeluaran untuk cashback dan komisi/fee senilai total Rp1.771.200.000 (satu miliar tujuh ratus tujuh puluh satu juta dua ratus ribu rupiah) dikembalikan ke kas organisasi secara tanggung renteng oleh keempat anggota yang namanya disebut dalam poin 2, dalam waktu selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak surat ini diterima.

4. Apabila dalam waktu tersebut dana sebagaimana dimaksud dalam poin 3 belum dikembalikan, maka Dewan Kehormatan akan memutuskan sanksi lebih berat.

5. Merekomendasikan Ketua Umum secepatnya memberhentikan Sdr. Sayid Iskandarsyah, sdr Mohamad Ihsan, dan Sdr Syarif Hidayattulah dari kepengurusan PWI Pusat periode 2023-2028.

6. Secepatnya menyempurnakan tata kerja baku atau prosedur operasi standar (SOP) untuk pengelolaan sistem keuangan organisasi agar lebih akuntabel dan transparan yang dirumuskan dalam bentuk Peraturan Organisasi dan diputuskan dalam rapat pleno.

Sesuai dengan PRT PWI Pasal 21 ayat (2), “Keputusan Dewan Kehormatan bersifat final.” (retok/ok)

Nurcholis MA Basyari

Sekretaris DK PWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *