Pj Gubernur Kunjungi Stan Provinsi Sumsel di Pameran Dekranas Solo, Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

oleh -48 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Solo – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni didampingi Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteran Keluarga (TP PKK) Tyas Fatoni mengunjungi stan Provinsi Sumsel pada Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024. Kegiatan ini berlangsung di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2024).

Fatoni mengatakan Provinsi Sumatera Selatan juga turut serta dalam Expo UMKM tersebut. Tak hanya itu, seluruh Kabupaten/Kota se-Sumsel juga turut berpatisipasi memperlihatkan kerajinan budaya mereka masing-masing.

“Hari ini di Solo dalam rangka peringatan Dekranas, ini diadakan berbagai kegiatan. Di antaranya kegiatan pameran yang diikuti oleh Provinsi, Kabupaten dan Kota,” kata Fatoni.

“Nah Provinsi Sumatera Selatan juga ikut serta dalam kegiatan ini. Nah yang dipamerkan ini kerajinan kriya dan juga wastra dari Sumatera Selatan,“ sambungnya.

Tak seperti biasanya, kali ini koleksi yang dipamerkan Sumatera Selatan mengusung warna-warna alam, seperti hijau dan biru. Hal ini tentunya sejalan dengan tema yang diusung, yaitu ‘Back to Nature’.

Jadi yang dipamerkan di stan Dekranasda Sumsel ini ada kriya dan wastra, jadi ada jumputan kemudian ada songket, ada kerajinan dan produknya ada dalam bentuk tas, perhiasan dan baju,” jelas Fatoni.

“Jadi ini semua ditunjukkan dan dipamerkan juga sekaligus tadi banyak yang membeli bahkan saat ini stok yang kami miliki tersisa 30 persen saja,“ lanjutnya.

Fatoni mengatakan, stan Sumsel juga dikunjungi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Pj Ketua Umum TP PKK Tri Tito Karnavian. Hasilnya adalah keduanya sangat menyambut baik saat melihat koleksi-koleksi yang dipamerkan.

Terakhir, Fatoni juga mengajak seluruh masyarakat Sumatera Selatan dan pengunjung dari berbagai daerah lainnya untuk mengunjungi stan Dekranasda Sumsel. Ini dikarenakan banyak sekali karya terbaik yang dihadirkan langsung dari Sumsel, baik itu wastra maupun kriya.

“Saya juga mengajak masyarakat Sumsel untuk bisa menggunakan produk yang dihasilkan oleh sumsel. Kita menggunakan produk kita sendiri, kita menggunakan produk dalam negeri yang kualitasnya baik dan dapat kita banggakan,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan ini, Fatoni juga mengunjungi sejumlah stan dari daerah lain. Di antaranya Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Ogan Ilir. (Retok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *