Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional 116 tahun 2024, Danrem 045/Gaya : Tidak Ada Bangsa Maju Tanpa Perjuangan dan Kerja Keras

oleh -38 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Pangkalpinang – Seluruh Prajurit dan PNS Korem 045/Gaya melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) yang ke -116 Tahun 2024 dengan tema “KEBANGKITAN KEDUA MENUJU INDONESIA EMAS” bertempat di Lapangan Makorem 045/Gaya, Pangkalpinang (20/05/2024).

Komandan Korem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah, S.E., S.I.P.,M.Han selaku inspektur upacara membacakan Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

“Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia.

Hari-hari ini, hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua,” ucap Danrem saat baca sambutan Amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

“Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia.

Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya. Juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada pencapaian terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban,” lanjut Danrem.

Selanjutnya, dikatakan Danrem lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia,

Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati pada hari ini, Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Tidak ada bangsa yang maju tanpa melalui perjuangan dan kerja keras serta pengorbanan, Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa kecuali mereka sendri yang merubahnya,” pesan Danrem. (Retok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *