Gardu Induk Sumatera Terganggu Jadi Penyebab Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Ini

oleh -23 Dilihat
oleh

Serumpunsebalai.com, Pangkalpinang – Gangguan pada gardu induk transmisi yang berada di SUTT 275KV Linggau-Lahat menjadi penyebab padamnya listrik hampir di seluruh wilayah Sumbagsel.

Manajer Komunikasi Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (S2JB) PLN Iwan Arissetyadhi mengatakan, gangguan pemadaman listrik ini bukan hanya terjadi di Palembang. Namun, hampir seluruh wilayah Sumatera, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung dan Jambi juga ikut terimbas.

“Sistem transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat yang terganggu ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, Selasa (4/6/2024).

Iwan menjelaskan, mereka hingga saat ini masih terus melakukan perbaikan agar aliran listrik dapat berjalan normal. Ia pun memastikan pemadaman tidak akan berlangsung selama 24 jam. “Ratusan personel PLN telah diterjunkan ke lapangan guna menelusuri penyebab gangguan agar segera memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak,”ujarnya. Beberapa gardu induk wilayah saat ini telah kembali normal dan sebagian daerah sudah dialiri listrik. Upaya pengamanan ini akan terus dilakukan hingga gardu induk dapat beroperasi secara lancar.

“Kita mengupayakan penormalan sesegera mungkin karena personel di unit gardu induk sudah diturunkan. Insya Allah dalam waktu dekat semua bisa normal,” jelasnya.

Pemadaman listrik di kota Palembang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB. Pukul 17.54 WIB, listrik sempat menyala namun kembali padam. Selain listrik padam, jaringan sinyal internet maupun koneksi telpon pun ikut terganggu. (Retok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *